RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MTs N Ngemplak
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII
(tujuh)/ 1 (dua)
Materi Pokok : 1. How Are You
Alokasi Waktu : 2x 40 menit ( 2JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional
|
|
|
2.1.Menunjukkan
perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
|
Melakukan sikap yang santun dan peduli
dalam berkomunikasi
|
|
|
3.1 Memahami
fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih,
dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Memahami unsur
kebahasaan
|
|
4
|
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Membuat
dialog mengenai menyapa dan berpamitan secara berpasangan
·
Berdialog
di depan kelas secara berpasangan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.
Spiritual
mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten.
b.
Sosial
berperilaku
peduli dan berperilaku santun dalam melaksanakan komunikasi
fungsional secara konsisten
c.
Pengetahuan
menjelaskan
unsur kebahasaan secara tepat
mengetahui
gambits yang dipakai
d.
Ketrampilan
menggunakan ungkapan greetings dan
leave-takings dalam dialog sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
Teks
lisan dan tulis untuk sapaan dan pamitan
1. Fungsi sosial
2. Gambits
3. Unsur kebahasaan
E. Pendekatan/Metode Pembelajaran
1.
Scientific Approach
2.
Cooperative
Learning
F. Sumber Belajar
Asep
Gunawan, dkk.2013.When
English Rings the Bell.Jakarta:Kemendikbud RI (halaman 2-22).
G. Media Pembelajaran
1.
Media:
·
Lembar kerja siswa (terlampir)
·
Video
tentang ungkapan sapaan dan pamitan
2.
Alat dan bahan:
·
LCD Proyektor.
H. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
a.
Pendahuluan (10 menit )
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa.
·
Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
·
Guru memberi motivasi: menunjukkan beberapa contoh sapaan
·
Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
·
Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
b.
Kegiatan inti ( 60 menit )
Mengamati:
·
Peserta didik mengamati video tentang sapaan dan pamitan untuk
membangkitkan rasa ingin tahu.
·
Menulis hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan video/gambar
dengan mengerjakan LKS melalui diskusi berpasangan kemudian dituliskan di papan
tulis sebagai contoh:
Ungkapan yang digunakan dalam
menyapa:
A: Hi, How are you?/ How’re you doing?
B: I’m fine thanks/ Good
Ungkapan yang digunakan dalam
berpamitan:
A: Sorry, I have to go now. See you
B: See you later
Menanya:
Peserta didik diberi kesempatan merumuskan hal-hal yang ingin diketahui dalam bentuk pertanyaan dan
menuliskan di papan tulis.Pertanyaan diarahkan pada tujuan pembelajaran seperti contoh dibawah
ini:
·
Bagaimana menyapa pada pagi hari?
·
Bagaimana menyapa pada siang hari?
·
Bagaimana menyapa pada malam hari?
·
Bagaimana menanyakan kabar kepada orang yang lebih tua?
·
Bagaimana menanyakan kabar kepada teman
·
Bagaimana mengucapkan ucapan selamat tinggal?
Mengumpulkan Informasi:
Peserta didik mengumpulkan
informasi berdasarkan membaca dari buku siswa .
Menalar
·
Peserta didik mengolah informasi yang telah dikumpulkan terkait ungkapan sapaan dan pamitan
·
Secara berpasangan peserta didik membuat
dialog mengenai ungkapan sapaan dan pamitan
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik mempraktekkan dialog yang telah dibuat secara
berpasangan didepan kelas
·
Pasangan lain memberi tanggapan.
·
Peserta didik dipandu guru membuat kesimpulan
·
Guru memberi tes lisan untuk mengetahui ketercapaian
kompetensi
c.
Kegiatan penutup ( 10 menit)
·
Peserta didik diminta melakukan refleksi
terhadap proses pembelajaran.
·
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
I.
Penilaian
(instrumen terlampir)
1. Penilaian
sikap
2. Penilaian
pengetahuan
3. Penilaian
ketrampilan
Sleman, 13 Desember 2013
Disetujui oleh instruktur
Guru Kelas
....................................... Deti
Prasetyaningrum, S.Pd
Lampiran
Penilaian RPP KD 3.1
1. Sikap Spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
|
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan bahasa inggris sebagai bahasa internasional
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengucapkan
rasa syukur bisa berdialog dengan bahasa inggris
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila
memperoleh skor 14-16
Baik : apabila
memperoleh skor 11-13
Cukup
: apabila
memperoleh skor 7-10
Kurang
: apabila memperoleh skor 4-6
2. Sikap Sosial
a.
Peduli
Pedoman
Observasi Sikap Peduli
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap kepedulian yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
|
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Gemar
menyapa teman/ guru yang ditemui
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Gemar
menanyakan kabar teman
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila
memperoleh skor 8
Baik : apabila
memperoleh skor 6- 7
Cukup
: apabila
memperoleh skor 4- 5
Kurang
: apabila memperoleh skor 2- 3
b. Santun
Pedoman
Observasi Sikap Santun
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung
jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
|
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Bertanya
kepada guru dengan bahasa yang sopan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdialog
dengan sikap dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi saran kepada teman dengan bahasa yang halus
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik : apabila memperoleh
skor 10 - 12
Cukup
: apabila
memperoleh skor 7- 9
Kurang
: apabila
memperoleh skor 3- 6
3.
Pengetahuan
·
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
·
Bentuk Instrumen :
Uraian
|
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
1
|
Menyapa
orang lain
|
1.
What
should you say when you meet someone at 2 p.m.?
2.
What
should you say when you meet someone at night?
|
|
2
|
Merespon
ungkapan sapaan
|
Complete
the buble for each picture!
3.
A:
How are you?
B:………………..
4.
A:
Have a nice dream
B;
…………………..
5.
A:……………………
B:
Good bye Mom
|
|
3
|
Merespon
ungkapan pamitan
|
|
|
4
|
Berpamitan
dengan orang lain
|
KUNCI JAWABAN :
1.
Good
afternoon
2.
Good
evening
3.
I’m
fine, thanks
4.
Have
a nice dream too
5.
Good
bye, dear
Pedoman
pensekoran :
|
No Soal
|
Jawaban benar
|
skor
|
|
1-5
|
Jawaban benar penulisan benar
|
2
|
|
Jawaban benar, penulisan salah tidak
mengganggu makna
|
1
|
|
|
Jawaba salah
|
0
|
|
|
Skor maksimal
|
10
|
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Pedoman observasi
c.
Instrumen
Penilaian :
Pedoman Observasi Mini Role Play
Kelompok : ………
Kelas : ……….
Materi
Pokok : ……….
|
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Pengucapan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Makna
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik : apabila
memperoleh skor 10 - 12
Cukup
: apabila
memperoleh skor 7- 9
Kurang
: apabila memperoleh skor 3- 6
Jumlah skor
Nilai
=
---------------------------------- X 100
=
Skor Maksimal
Lampiran
Lembar Kerja Siswa
Fill in the table with greetings and leave-takings with their responses
you hear and see from the video!
|
NO
|
GREETINGS/LEAVE
TAKINGS
|
RESPONSES
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Terimakasih Mbak Deti Informasinya sangat bermanfaat buat pemula pembuat RPP.
BalasHapus